Minggu, 20 Januari 2013

Warga Gondangrejo Temukan Goa Misterius

WONOSARI (KRjogja.com) - Masyarakat Dusun Gondangrejo, Desa Gari, Kecamatan Wonosari akhirnya menemukan goa bawah tanah, yang selama ini menjadi mitos. Penggalian mulut goa yang dinamai Goa Semurup dilakukan oleh warga secara gotong royong.
Untuk membuktikan misteri yang ada di perut bumi, ada beberapa warga yang mencoba masuk dalam goa sepanjang kurang lebih 1 kilometer. “Di dalam goa terdapat lobang yang lebar dengan ketinggian lebih dari 3 meter bebatuan stalagnit dan stalagtit yang berwarna kuning keemasan,” kata Supardiyono (42) warga Gondangrejo yang sudah mencoba memasuki Goa Semurup bersama tiga rekannya.
Sebelum digali, kata Bandung (30 ) yang juga pernah masuk dalam goa, warga Gondangrejo penasaran terhadap lobang yang berada di pinggir kali yang membelah dusun ini. Menurut cerita para sesepuh, di lokasi tersebut sebenarnya terdapat Goa Semurup yang menyimpan sumber air.
Penasaran warga segera dibuktikan dengan menggali mulut goa secara gotong royong oleh puluhan warga. Baru pada penggalian kedua Minggu (2/12) warga baru puas setelah mulut goa terbuka ternyata didalamnya terdapat rongga yang cukup lebar dan indah.
Untuk menelusuri goa dibutuhkan perjuangan karena ada jalan yang lebar tetapi ada yang sempit di celah celah batu stalagnit dan stalagtit. Diakui pula, dasar goa terdapat tanah yang hampir menutupi, sehingga jika dikerak di dalam goa akan lebih lebar.
Setelah goa ditemukan warga sangat berharap ada instansi terkait bisa lebih dalam untuk menyelidiki goa tersebut. Karena warga sangat percaya bahwa didalamnya terdapat sumber air. “Jika terdapat sumber air bisa dikelola untuk mencukupi kebutuhan warga,” kata Bandung. (Awa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar